Senin, 02 Maret 2009

PENGGUNAAN DAN PEMELIHARAAN ALAT UKUR

PENGGUNAAN DAN
PEMELIHARAAN ALAT UKUR
BAGIAN PROYEK PENGEMBANGAN KURIKULUM
DIREKTORAT PENDIDIKAN MENENGAH KEJURUAN
DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH
DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL
2004
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
BIDANG KEAHLIAN TEKNIK MESIN
PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK BODI OTOMOTIF
KODE MODUL
OPKR-10-010C
iii
KATA PENGANTAR
Modul PENGGUNAAN DAN PEMELIHARAAN ALAT UKUR digunakan
sebagai panduan kegiatan belajar untuk membentuk salah satu
kompetensi, yaitu : Menggunakan dan memelihara alat-alat ukur mekanik
dengan prosedur yang benar. Modul ini dapat digunakan untuk peserta
diklat Program Keahlian Teknik Bodi Otomotif.
Modul ini memberikan latihan untuk meggunakan dan memelihara
alat-alat ukur mekanik yang sering digunakan dalam bidang teknik bodi
otomotif. Modul ini terdiri atas tiga kegiatan belajar. Kegiatan belajar 1
membahas tentang alat-alat ukur linier langsung. Kegiatan 2 membahas
tentang alat-alat ukur linier tak langsung. Kegiatan belajar 3 membahas
tentang alat-alat ukur sudut.
Penyusun menyadari banyak kekurangan dalam penyusunan modul
ini, sehingga saran dan masukan yang konstruktif sangat penyusun
harapkan. Semoga modul ini banyak memberikan manfaat untuk
mempelajari bodi kendaraan.
Yogyakarta, Desember 2004
Penyusun.
Tim Fakultas Teknik
Universitas Negeri Yogyakarta
iv
DAFTAR ISI MODUL
Halaman
HALAMAN SAMPUL ……………………………………………….………………………i……
HALAMAN FRANCIS ……………………………………………….………………………ii……
KATA PENGANTAR ………………………………………………………………………i…ii……
DAFTAR ISI ……………………………………………………………………………………iv……
PETA KEDUDUKAN MODUL ……………………………………………………………vi……
PERISTILAHAN/GLOSSARY …………………………………………………………ix……
I. PENDAHULUAN …………………………………………………………………………1……
A. DESKRIPSI ……………………………………………………………………………1
B. PRASYARAT ……………………………………………………………………………1………
C. PETUNJUK PENGGUNAAN MODUL ……………………………………………1………
1. Petunjuk Bagi Siswa ……………………………………………………………1……
2. Petunjuk Bagi Guru ……………………………………………………………2…………………
D. TUJUAN AKHIR ………………………………………………………………………3………
E. KOMPETENSI …………………………………………………………………………4………
F. CEK KEMAMPUAN …………………………………………………………………6………
II. PEMELAJARAN ……………………………………………………………………………7 …
A. RENCANA BELAJAR SISWA…………………………………………………………7…
B. KEGIATAN BELAJAR ………………………………………………………………7………
1. Kegiatan Belajar 1 : Pengukuran Linier Langsung ...........………7………………
a. Tujuan kegiatan belajar 1 …………………………………………7
b. Uraian materi 1 ……………………………………………………………7……
c. Rangkuman 1 ………………………………………………………………26………
d. Tugas 1 ………………………………………………………………………28………
e. Tes formatif 1 ………………………………………………………………2…8 …
f. Kunci jawaban formatif 1 ………………………………………………3…1…
g. Lembar kerja 1 ……………………………………………………………3…3…
2. Kegiatan Belajar 2 : Pengukuran Linier Tak Langsung …………35
a. Tujuan kegiatan belajar 2 …………………………………………35
v
b. Uraian materi 2 ……………………………………………………………35………
c. Rangkuman 2 ………………………………………………………………51………
d. Tugas 2 ………………………………………………………………………52………
e. Tes formatif 2 ……………………………………………………………5…3……
f. Kunci jawaban formatif 2 ………………………………………………55……
g. Lembar kerja 2 ……………………………………………………………58……
3. Kegiatan Belajar 3 : Pengukuran Sudut ...........................……60
a. Tujuan kegiatan belajar 3 …………………………………………60
b. Uraian materi 3 ……………………………………………………………60………
c. Rangkuman 3 ………………………………………………………………65………
d. Tugas 3 ………………………………………………………………………66………
e. Tes formatif 3 ……………………………………………………………6…7……
f. Kunci jawaban formatif 3 ………………………………………………68……
g. Lembar kerja 3 ……………………………………………………………69……
III.EVALUASI ………………………………………………………………………………7…1……
A. PERTANYAAN ………………………………………………………………………7…1………
B. KUNCI JAWABAN …………………………………………………………………7…4………
C. KRITERIA KELULUSAN …………………………………………………………7…8………
IV.PENUTUP ………………………………………………………………………………7…9………
DAFTAR PUSTAKA ………………………………………………………………………8…0 ………
PETA KEDUDUKAN MODUL
A. Diagram Pencapaian Kompetensi
Diagram ini menunjukkan tahapan atau tata urutan pencapaian kompetensi yang dilatihkan pada peserta diklat
dalam kurun waktu tiga tahun, serta kemungkinan multi entry–multi exit yang dapat diterapkan.
OPKR
10-0098
OPKR
10-016C
OPKR
10-017C
OPKR
10-010C
OPKR
10-013C
OPKR
60-002C
OPKR
60-008C
OPKR
60-007C
OPKR
60-006C
OPKR
10-006C
OPKR
60-012C
OPKR
60-013C
OPKR
60-011C
OPKR
60-016C
OPKR
60-037A
OPKR
60-009C
OPKR
60-018C
OPKR
60-019C
OPKR
60-029A
OPKR
60-031A
OPKR
60-036A
OPKR
60-050A
OPKR
60-051A
vi
vii
Keterangan Diagram Pencapaian Kompetensi
OPKR 10-009B. Pembacaan dan pemahaman gambar teknik
OPKR 10-016C. Mengikuti Prosedur Keselamatan. Kesehatan Keria dan
Lingkungan.
OPKR 10-017C. Penggunaan dan Pemeliharaan Peralatan dan
Perlengkapan Tempat Kerja.
OPKR 10-010C. Penggunaan dan Pemeliharaan Alat Ukur.
OPKR 10-013C. Pelaksanaan pemeriksaan keamanan/kelayakan
kendaraan
OPKR 10-006C. Melaksanakan prosedur pengelasan, pematrian,
pemotongan dengan panas dan pemanasan
OPKR 60-002C. Melaksanakan pekerjaan sebelum perbaikan
OPKR 60-006C. Melepas, menyimpan dan mengganti/memasang panelpanel
bodi kendaraan, bagian-bagian panel
dan perangkat tambahannya
OPKR 60-012C. Mempersiapkan permukaan untuk pengecatan ulang
OPKR 60-007C. Melepas dan mengganti/melepas pelindung moulding,
transfer/gambar hiasan, stiker dan decal/lis, spoile
OPKR 60-008C. Melepas dan mengganti rangkaian/listrik/unit elektronik
OPKR 60-013C. Mempersiapkan bahan dan peralatan pengecatan
OPKR 60-011C. Melaksanakan prosedur masking
OPKR 60-009C. Memasang perapat komponen kendaraan
OPKR 60-016C. Mempersiapkan komponen kendaraan untuk perbaikan
pengecatan kecil
OPKR 60-037A. Mempersiapkan dan mengecat komponen-komponen
plastik
OPKR 60-018C. Pelaksanaan pengkilatan dan pemolesan
OPKR 60-019C. Memilih dan menggunakan hiasan/Trim berperekat
OPKR 60-029A. Membuat (fabrikasi) komponen fiberglas/bahan
komposit
OPKR 60-030A. Memperbaiki komponen finberglas/bahan komposit
OPKR 60-031A. Memperbaiki komponen bodi menggunakan dempul
timah (lead wiping)
OPKR 60-038A. Melaksanakan pemasangan anti karat dan peredam
suara
OPKR 60-050A Membersihkan permukaan kaca
OPKR 60-051A. Melakukan pembersihan setempat permukaan
luar/dalam
viii
B. Kedudukan Modul
Modul dengan kode OPKR-10-010C tentang “Penggunaan dan
Pemeliharaan Alat Ukur” ini merupakan prasyarat untuk menempuh
modul OPKR-60-008C dan OPKR-10-013C, sebagaimana terlihat pada
peta kedudukan modul.
ix
PERISTILAHAN / GLOSSARY
End play yaitu kekocakan suatu poros ke kanan atau ke kiri yang diukur
pada ujung poros dengan menggunakan dial indicator.
Backlash yaitu kekocakan antara gigi dengan gigi pada roda gigi atau
rack (batang bergigi) yang diukur dengan dial indicator.
Big end batang torak yaitu bagian batang torak yang berhubungan
dengan poros engkol.
Dimensi yaitu ukuran dari suatu komponen/alat atau suatu unit tertentu.
Replacement rod yaitu bagian dari Cylinder gage (Bore gage) yang
dapat diganti-ganti sesuai dengan kebutuhan (besar kecilnya)
diameter silinder.
Trust clearance yaitu celah samping antara komponen yang dengan
komponen lainnya yang dapat diukur dengan feeler gage atau dial
indicator.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar